Panduan SEO Off Page ~ JBB Tempat Jual Beli Blog & Website Terpercaya Di Indonesia

Panduan SEO Off Page

Panduan SEO Off Page


SEO Off Page merupakan optimasi search engine yang tidak berhubungan dengan website. Proses optimasi dilakukan dari luar, semisal dengan mencari backlink atau mempromosikan blog.

SEO Off Page sangat penting karena dapat meningkatkan peringkat blog di mesin pencari, meningkatkan traffic blog, dan meningkatkan popularitas blog. Berikut ini akan dijabarkan panduan SEO Off Page dengan backlink.

Backlinks


Backlink yang juga sering disebut inbound link atau incoming link merupakan link masuk ke sebuah situs atau website dari website lain. Backlink menjadi salah satu acuan dalam menentukan peringkat website di mesin pencari, google misalnya.

Google menyatakan bahwa backlink menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat atau kepopuleran sebuah website. Terlebih jika jenis backlink tersebut merupakan jenis backlink yang direkomendasikan sendiri oleh google.

Backlink yang direkomendasikan oleh google adalah backlink yang baik untuk SEO. Jadi bukan hanya banyaknya jumlah backlink yang menjadi pedoman, tapi kualitas backlink.

Sebelum lanjut ke cara mendapatkan backlink berkualitas, kita akan membahas tentang black hat SEO dan white hat SEO terlebih dahulu karena banyak website yang terkena penalty dari google karena menggunakan backlink yang buruk atau bisa dimasukkan ke kategori black hat SEO.

Black hat SEO merupakan optimasi search engine dengan teknik yang kasar, yaitu memaksakan mesin pencari untuk melihat situs tertentu sehingga bisa mendapat peringkat tinggi dengan cepat. Teknik ini awalnya memang bekerja, tapi nanti bisa berdampak buruk yaitu terkena pinalty dari google.

Sedangkan white hat SEO merupakan optimasi search engine yang menggunakan  teknik SEO yang baik. Teknik ini memang membutuhkan proses yang lama, tapi hasilnya tidak akan mengecewakan karena dianggap baik oleh mesin pencari, jadi tidak memberikan dampak yang buruk.

Jadi sebisa mungkin hindari teknik black hat SEO. Beberapa teknik backlink yang termasuk black hat SEO antara lain yaitu private blog network, guest blog masal di website dengan kualitas rendah, redirect 301, web 2.0 yang isinya hanya 1 sampai 2 post, linkwheel, pyramid, tiered link, dan membeli backlink di jasa backlink.

Hindari teknik black hat tersebut dan sebisa mungkin bangunlah back link yang berkualitas. Berikut beberapa cara mendapatkan backlink yang berkualitas.

-     Melalui sosial media


Backlink dari sosial media seperti facebook, twitter, google plus, biasanya tetap diperhitungkan oleh google meskipun termasuk backlink nofollow. Jadi manfaatkan media sosial sebaik mungkin, seperti membuat fanspage facebook atau akun twitter khusus blog kita. Selain mendapat backlink, kita nanti juga bisa mendapat pengunjung web dari teman di sosial media tersebut.

-     Submit di Situs Social Bookmarking


Situs sosial media bookmarking merupakan situs yang ditujukan untuk bookmark artikel dari berbagai website. Manfaat situs social bookmarking yaitu untuk optimasi SEO Off Page dan mempromosikan website kita.

Caranya yaitu kita tinggal submit artikel kita di situs social bookmark. Sebaiknya pilih situs social bookmark yang lokal dahulu baru ke situs social bookmark internasional. Namun jangan submit massal atau berlebihan ke situs social bookmark, nanti malah bisa berdampak buruk ke website kita.

-     Melalui blogwalking


Blogwalking merupakan kegiatan berkunjung ke blog-blog lalu meninggalkan komentar yang disertai URL website kita. Keuntungan melakukan blogwalking yaitu kita bisa mendapatkan backlink dan kunjungan dari pemilik blog serta orang yang juga ikut berkomentar di blog tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak meninggalkan komentar atau spam komentar di blog. Dan saat komentar pun komentarnya yang baik sesuai dengan isi artikel. jangan emmberi komentar yang asal dan singkat.

-     Melalui website direktori


Backlink juga dapat dibangun lewat situs artikel direktori. Caranya yaitu tinggal membuat artikel yang berkualitas dan mensubmitnya ke situs-situs artikel direktori.

Namun pilih website direktori yang bagus, bersih dari spam. Situs atau website direktori yang bagus biasanya dimoderasi dengan ketat. Jadi website yang etrdaftar di sana pasti berkualitas.

-     Menjadi guest di blog lain


Kita juga bisa menawarkan diri untuk menjadi penulis di blog lain tentu saja dengan ijin pemilik blog. Jika diijinkan, nanti kita bisa memperkenalkan diri dan mencantumkan blog kita di dalam artikel yang kita tulis.

Jangan sembarangan juga saat memilih blog untuk guest blog, karena link guest post  dari sembarangan blog bisa berdampak buruk pada blog kita. Blog yang tepat untuk guest blog adalah blog yang sudah cukup berumur dan kontennya berbobot, topik website juga harus relevan dengan blog kita. Traffic blog tersebut juga harus terbilang tinggi, pembacanya antusias, dan desainnya tidak berantakan.

-     Melalui forum


Kita juga bisa memasang link di forum-forum internet. Saat ini banyak sekali forum yang bisa kita manfaatkan seperti forum kaskus, bersosial, detik, dan lain sebagainya. Namun ingat, jangan spam di forum.

-     Melalui press release


Kita juga bisa membangun backlink di situs-situs press release atau situs berita. Di Indonesia cara ini belum begitu populer, tapi di luar negeri cara membangun backlink dengan cara ini sudah sering dilakukan.

Caranya yaitu dengan menulis artikel yang tentunya berkualitas dan dikirim ke situs press release tersebut. Untuk diterimanya mungkin agak susah karena standar mereka memang tinggi, tapi jika diterima traffic bisa langsung naik karena jangkauan situs press release sangat besar dan banyak pula yang menyebarkan artikelnya.

-   Meminta backlink pada pemilik blog lain


Meminta disini tidak langsung meminta asal ke sebuah blog, tapi melalui proses yang agak panjang. Paling tidak kita harus mengenal dan memiliki hubungan baik dengan pemilik blog dahulu.

Caranya yaitu dengan membuat konten yang berkualitas, setelah itu mengunjungi blog yang isinya hampir sama dengan blog kita dan tentunya blog tersebut lebih populer. Kita mencoba aktif di blog tersebut misal berkomentar, share artikel dan menambahkan link blog mereka ke artikel kita.

Jika sudah banyak berkontribusi dan menjalin hubungan baik dengan pemilik blog, kita baru bisa membahas tentang permintaan untuk memasukkan link blog kita. Prosesnya memang agak lama, tapi saat sudah berhasil, bertahan lama pula manfaatnya.

Kita juga bisa memanfaatkan broken link pada website yang pemiliknya sudah kita kenal tersebut. Broken link adalah link yang ketika diklik, halaman tujuannya sudah tidak ada.

Caranya yaitu dengan mengecek artikel di halaman yang sudah tidak tersedia dengan Wayback Machine. Setelah itu kita membuat artikel yang kualitasnya lebih baik dari artikel tersebut. Jika sudah selesai, kita bisa memberitahu pemilik website bahwa ada link yang broke dan menawarkan pada pemilik untuk menggantinya dengan artikel kita.

Demikan tadi panduan SEO Off Page dengan cara membangun backlink. Namun jika kita berlebihan dan tidak hati-hati menggunakan cara meningkatkan traffic blog di atas, nanti masuknya malah black hat SEO, blog kita pun malah menjadi buruk dan turun peringkatnya di mesin pencari. Maka dari itu, para pakar SEO saat ini sering menyarankan menggunakan backlink yang natural dan berkualitas seperti cara di atas.


Previous
Next Post »