Cara Beli Domain dan Hosting ~ JBB Tempat Jual Beli Blog & Website Terpercaya Di Indonesia

Cara Beli Domain dan Hosting

cara beli domain dan hosting

Domain merupakan sebuah alamat situs (.com .org .net dan lain-lain) yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) sebuah server komputer (hosting).

Hosting adalah sebuah tempat penyimpanan database website atau blog di internet. Database tersebut memungkinkan menjadi online sehingga bisa dilihat oleh setiap orang di berbagai belahan dunia.

Lalu bagaimana cara beli domain dan hosting?

Sebelum beli domain dan hosting, kita harus menentukan terlebih dahulu di web hosting mana kita akan membelinya. Berikut daftar beberapa web hosting Indonesia dan luar negeri yang terpercaya.


Daftar Web Hosting Indonesia 

(urutan tidak berdasarkan peringkat)

1. NiagaHoster

Niagahoster ini sudah banyak diakui sebagai salah satu web hosting Indonesia yang mumpuni. Semua layanan hosting Niagahoster dilengkapi SSL Certificate dan fitur Bit Ninja untuk menjaga keamanan akun dan melindungi website dari segala virus dan hacker.

2. NusantaraHost

Layanan hosting NusantaraHost menawarkan server dan metode penyimpanan yang super cepat. Semua pilihan paketnya juga menawarkan unlimited bandwith dan gratsi domain. Nusantarahost juga memberi jaminan garansi uang kembali. Namun kekurangannya ialah uptime hanya 99% dan hanya menawarkan dua paket hosting.

3. JogjaHost

JogjaHost sudah beroperasi sejak tahun 2008. Tingkat keamanan hosting sangat tinggi. Kelebihan Jogjahost yaitu banyak pilihan paketnya, informasi paket juga detail, sumber dayanya juga termasuk besar, gratis domain, dan unlimited bandwith di semua paket shared hosting. Namun kekurangannya yaitu membingungkan karena terlalu banyak pilihan paket dan pembayarannya tidak bisa per bulan.

4. DewaWeb

Kelebihan menggunakan web hosting dewaweb yaitu harga yang ditawarkan tergolong sangat murah, sudah bonus domain, server jarang down, ada program affiliate, dan sering ada promo. Kekurangannya adalah paket termurahnya nanggung, hanya mendapat hosting 200 MB.

5. Rumahweb

Rumahweb merupakan web hosting Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2002 di Yogyakarta. Rumahweb telah melayani banyak pelanggan. Sudah puluhan ribu pelanggan yang mendapat pelayanan shared web hosting, registrasi dan reseller domain, VPS, semi-dedicated server, dan SSL certificate Global Sign.

Layanan yang ditawarkan oleh rumah web antara lain yaitu domain, web hosting, email, jasa pembuatan dan pengembangan website, dan SSL certificate Global Sign.


beli domain dan hosting di web hosting rumahweb


Keuntungan jika membeli hosting di rumahweb yaitu gratis domain, gratis weebly web builder, layanan web hosting nya menggunakan teknologi cloud computing yang handal dan juga tersedia pilihan lokasi server (Indonesia, Singapura, US).
Berikut ini daftar paket hosting di rumahweb.


beli domain dan hosting di web hosting rumahweb

Paket yang ditawarkan menggiurkan bukan? Jual beli blog juga berlangganan rumahweb dalam pembelian hosting untuk blog-blog lain lho, dan hasilnya memang tidak mengecewakan.


Daftar Web Hosting Luar Negeri


1. SiteGround

2. A2 Hosting

3. InMotion Hosting

4. BlueHost

5. GreenGeeks

6. DreamHost

7. MDD Hosting

8. iPageHosting

9. HostGator

10. NameCheap


Cara Beli Domain dan Hosting di NameCheap


Cara beli domain dan hosting sangat mudah, tinggal mengunjungi web hosting yang dipilih lalu memilih paket domain dan hosting. Jika sudah positif memilih paket yang akan dibeli, langsung mengisi data dan melakukan pembayaran. Agar lebih mudah memahami, berikut cara beli domain dan hosting di NameCheap.

Kenapa yang dipilih NameCheap? Karena banyak keuntungan yang diperoleh jika membeli hosting di NameCheap, seperti harganya yang terjangkau (belum termasuk diskon), tidak ada biaya tambahan tersembunyi, proses mudah dan cepat, free whoisguard, dan free private email selama 2 bulan. Namun kekurangannya yaitu metode pembayarannya hanya menggunakan paypal dan kartu kredit. Jadi bagi yang tidak punya kartu kredit tentu akan kesusahan.

Oke, langsung saja kita bahas cara beli domain dan hosting di NameCheap.

1. Mengunjungi NameCheap.com

2. Klik sign up 



cara beli domain dan hosting

3. Isi data dengan benar, lalu klik create account and continue

cara beli domain dan hosting

4. Jika sudah, kita akan diarahkan ke dashboard NameCheap 

5. Pilih tab menu Domain, lalu pilih Domain Name Search


cara beli domain dan hosting


6. Kemudian akan muncul halaman Domain Name Search. Cek domain yang dipilih apakah sudah dibeli belum. Caranya dengan ketik di kolom yang tersedia lalu klik search.

 7. Akan muncul hasil nama domain yang dipilih dengan beragam ektensi seperti gambar berikut.   


cara beli domain dan hosting


8. Jika domain yang dipilih tersedia, klik kotak add to cart untuk membeli domain tersebut. Lalu klik view cart

cara beli domain dan hosting



9. Akan muncul tampilan shopping cart. Di bagian kanan terdapat Promo Code.


cara beli domain dan hosting



10. Cara mendapatkan kode diskon tersebut adalah dengan mengunjungi NameCheapCoupons.com, lalu mencari kupon di bulan saat membeli domain.




11. Lalu masukkan kode kupon tersebut dan klik apply, sehingga nanti kita akan mendapat potongan harga. Harga domain dengan ektensi .com mendapat potongan dari $10.69 menjadi $9.66.



cara beli domain dan hosting


12. Klik confirm order untuk melanjutkan pembelian.

13. Lalu akan muncul form Account Contact Information. Isi dengan benar lalu klik continue.

cara beli domain dan hosting

14. Setelah itu akan muncul halaman opsi pembayaran. Bila menggunakan Paypal, klik Check out with Paypal.

15. Nanti akan muncul tampilan login ke akun paypal. Masukkan alamat PayPal dan password nya lalu klik Log In.

16. Kemudian muncul tampilan review your information. Jika sudah benar, klik continue. Setelah itu akan di direct ke akun NameCheap yang berisi konfirmasi pembelian. Pembelian pun selesai.

Demikian tadi panduan cara beli domain dan hosting, khususnya di NameCheap. Semoga bisa membantu.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment