ini Cara Mudah bikin blog di Blogspot! ~ JBB Tempat Jual Beli Blog & Website Terpercaya Di Indonesia
Namecheap.com

ini Cara Mudah bikin blog di Blogspot!

Ini Cara Mudah Bikin Blog di Blogspot!

panduan membuat blog

Bagi Anda yang baru tertarik di dunia online, baik itu karena ingin mencoba mencari penghasilan tambahan atau sekedar menyalurkan unek-unek, pastinya sedang mencari cara bikin blog dengan pltaform blogspot/blogger.

Sebelum membuat blog, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu seperti apa tujuan pembuatan blog, platform blogging apa yang akan digunakan, apa topik atau tema blog, dan lain sebagainya.

Sejauh ini platform yang sering digunakan adalah blogger karena selain gratis juga banyak keunggulannya. Cara bikin blogspot dengan blogger  juga mudah. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara bikin blogspot, klik disini.

Namun jika masih bingung ingin menggunakan platform yang mana, berikut akan sedikit dijelaskan tentang beberapa platform yang ada dan kelebihan kekurangannya, sebagai bahan pertimbangan Anda.

Ini Pilihan Platform untuk NgeBlog!

1. Blogger


Blogger merupakan salah satu paltform blogging terkenal yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Nantinya blog yang dibuat lewat blogger berada di bawah subdomain blogspot.com

Blogger.com memiliki beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut.

-     Blogger milik Google

Blogger itu milik google. Siapa coba yang tidak tahu google, mesin pencari nomor satu di dunia. Jadi kemungkinan besar peringkat dan posisi blog yang dibuat lewat platform blogger lebih diuntungkan, terlepas dari faktor lainnya.

-     Gratis

Kelebihan lainnya yaitu gratis. Pembuatan blog lewat blogger.com gratis, tapi meskipun gratis, fitur-fitur nya tetap dapat dinikmati. Blog gratis di blogger.com ini menggunakan sub domain blogspot.com.

-     User friendly

Blogger juga user friendly, sangat mudah digunakan. Jadi meskipun Anda tidak mengetahui bahasa pemrograman, Anda tetap bisa menggunakan blog dan mengelolanya sedemikian rupa.

-     Blogger mudah dan praktis digunakan

Untuk mulai membuat blog dengan platform blogger.com, sangat mudah dan praktis. Anda tinggal mendaftar dengan akun google, tidak perlu proses yang panjang. Blogger juga sudah hadir dalam bahasa Indonesia, jadi memudahkan bagi yang tidak menguasai bahas inggris. Panel kontrol yang disediakan juga mudah dipahami.

-     Bisa membuat banyak blog

Blogger bisa digunakan untuk membuat banyak blog hanya dengan satu akun. Jadi tidak perlu membuat akun lain jika ingin membuat blog baru, tinggal tambahkan blog baru saja.

-     SEO friendly

Blogspot juga SEO friendly. Pemilik blog akan mudah dalam mengoptimasi blognya. Dan karena blogspot milik google, maka blog dari blogspot tentu lebih diprioritaskan.

-     Bisa dimodifikasi

Blog bisa dimodifikasi karena memiliki fitur edit tampilan, template, layout dan lain sebagainya menggunakan kode HTML dan CSS. Jadi jika mengetahui tentang HTML dan CSS, maka blog bisa dimodifikasi sesuka hati.

-     Bisa dimonetisasi

Meskipun gratis, blogspot bisa dimonetisasi. Blogspot bisa dipasang google adsense, link refferal, iklan PPC, iklan pop up, dan lain sebagainya.

Itu tadi kelebihan membuat blog lewat blogger.com. Jadi jika ingin berbisnis online lebih baik menggunakan blogger, karena walaupun gratisan, tetap bisa dimonetisasi berbeda dengan wordpress dan lainnya.

Namun ada kelebihan, ada juga kekurangan. Kekurangannya yaitu tampilannya termasuk sederhana, penulisan artikel juga kurang leluasa, dan harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan google. Jika melanggar, blog bisa dibanned.

Sekarang sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan blogger bukan? Jadi bagi yang tertarik dan ingin membuat blog menggunakan blogger, bisa langsung membaca cara membuat blog di google. Namun jika belum tertarik, bisa melanjutkan membaca platform blogging yang lain sebagai perbandingan.

2. WordPress.com


Wordpress.com merupakan salah satu platform blogging gratis yang didirikan oleh perusahaan Automatic. Kelebihan dari wordpress yaitu pengguna tidak perlu susah-susah melakukan instalasi atau konfigurasi, wordpress juga menyediakan  banyak tema, baik itu yang gratisan maupun yang premium. Pendaftaran wordpress juga mudah.

Sedangkan kekurangannya antara lain adalah bandwith, diskspace dan fitur lain terbatas jika tidak diupgrade (berbayar), blog jadi berat jika terinstall banyak plugin, blog tidak bisa dimonetisasi, dan akun terancam  disuspensi jika melanggar peraturan yang telah ditentukan.

3. WordPress.org


Wordpress.org merupakan wordpress self hosted yang mana harus membeli sendiri hosting dan domain nya. Berbeda dengan wordpress.com yang sudah diberi hosting gratis dan bandwith tidak terbatas.

Kelebihan wordpress self hosted yaitu pengguna bisa memiliki kontrol penuh pada blog, blog bisa dibuat forum, toko online, website profesional, membership. Wordpress self hosted juga tidak terikat peraturan wordpress, jadi tidak perlu takut blog akan disuspensi atau dibanned. Blog juga bisa didaftarkan ke google adsense dan dipasangi berbagai iklan.

Sedangkan kekurangannya yaitu pengelolaannya cukup sulit dan rumit bagi pemula. Keamanan blog juga dikelola sendiri, jadi gampang dihack jika terlalu ceroboh.


4. Wix


Wix merupakan salah satu platform hosted yang menawarkan kemudahan bagi bisnis kecil dalam membuat website karena hanya menggunakan drag and drop tool. Anda juga dapat menambah blog pada website dengan menambahkan aplikasi Wix Blog.

Kelebihan dari Wix yaitu banyak template yang disediakan, pembuatan website menjadi mudah karena menggunakan drag and drop tool, tidak perlu mahir coding, pengaturannya juga cepat dan mudah.

Wix juga memiliki kekurangan, yang antara lain yaitu fitur di akun gratisnya terbatas, website juga akan menampilkan brand Wix dan iklan-iklan, aplikasi yang dikembangkan pihak ketiga juga terbatas, template hanya dapat dipilih sekali dan tidak dapat diubah lagi.

5. Weebly


Weebly merupakan salah satu paltform blogging yang menggunakan menu drag and drop. Weebly dibuat oleh David Rusenko, Dan Veltri, Chris Fanini. Kelebihan weebly antara lain yaitu tidak memerlukan kemahiran coding dan mudah digunakan karena menggunakan menu drag and drop.

Kelebihan lainnya yaitu weebly gratis bisa memuat dokumen dengan format pdf, word, excel, dan power point. Sedangkan kekurangannya yaitu fitur yang disediakan terbatas dan susah saat ingin mengekspor website dari weebly ke platform lain.

6. Squarespaces


Squarespaces merupakan salah satu platform pembuatan website yang membuat Anda bisa membuat website yang cantik dengan mudah menggunakan drag and drop tool. Squarespaces difokuskan untuk pemilik bisnis kecil yang ingin menerbitkan bisnis online nya dengan mudah.

Keuntungan menggunakan squarespace yaitu simpel dan mudah digunakan terutama bagi pemula, memiliki template yang indah dan profesional, serta secara terpisah menawarkan nama domain dengan SSl/HTTPs dan eCommerce stores.

Sedangkan kekurangannya yaitu fitur squarespace terbatas, postingan blog juga terbatas hanya 20 halaman, jumlah blog hanya bisa satu, dan hanya boleh menambahkan 2 kontributor.

7. Joomla


Joomla merupakan software open source yang menawarkan self hosted seperti wordpress.org. Untuk menggunakannya perlu nama domain dan web hosting. Kelebihan menggunakan joomla yaitu joomla sangat powerful dan fleksibel, dapat digunakan juga untuk membuat berbagai jenis website atau blog.

Template yang disediakan juga banyak dan bisa menambahkan lebih banyak fitur. Sedangkan kekurangannya yaitu komunitas pengguna joomla lebih sedikit dan pengelolaan backup, updates dan keamanan dilakukan sendiri.

8. Ghost


Ghost merupakan platfor blogging minimalis dengan fitur terbatas yang hanya terfokus pada postingan blog. Ghost sangat bersih dan clutter-free. Penulisannya dalam Javascript, jadi sangat cepat. Untuk versi hosted, tidak memerlukan pengaturan lagi. Namun, ghost tidak memiliki banyak pilihan tema dan tidak mudah disesuaikan dengan aplikasi lain

9. Tumblr


Tumblr merupakan platform mikroblog, yang tampilannya lebih menjurus ke sosial media. Bisa dikatakan bahwa tumblr adalah miniblog dan situs jejaring sosial. Tumblr sangat mudah digunakan, bisa juga menyisipkan foto, audio, dan video di dalamnya. Namun fiturnya terbatas dan tidak bisa dikembangkan menjadi blog besar.

10. Medium


Medium hampir sama seperti tumblr, merupakan platform mikroblog, tempat untuk menyalurkan tulisan. Medium menggunakan fitur suntingan yang bagus, sharing dan komentar lebih interaktif, serta sederhana. Pengguna medium sangat beragam mulai dari orang biasa, inovator, aktor, penyanyi, bahkan pemimpin negara seperti Barrack Obama. Mereka mengeluarkan unek-unek mereka di medium. Namun medium tidak bisa dikembangkan menjadi blog besar profesional.

Demikian tadi beberapa platform blogging yang lumayan terkenal. Jadi sudah memutuskan ingin membuat blog dengan platform tertentu bukan? Jika pilihan Anda adalah membuat blog dengan blogger, berikut akan dijelaskan langkah-langkah dan cara buat blogger.

Cara Bikin Blog dengan Blogspot/ Blogger


Langkah-langkah untuk membuat blog dengan platform blogger yaitu,

1. Buka situs blogger.com. Kemudian klik buat blog, atau dalam bahasa inggris create your blog
cara membuat blog dengan blogger

2. Masukkan alamat gmail Anda (jika belum mempunyai, Anda harus membuat terlebih dahulu). Setelah itu klik berikutnya.
cara membuat blog dengan blogger


3. Masukkan password gmail Anda, lalu klik masuk.
cara membuat blog dengan blogger


4. Kemudian klik buat blog baru.

5. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
cara membuat blog dengan blogger


Isi sesuai ketentuan berikut

Nomor 1 : Diisi judul untuk blog Anda, misal judulnya “Jual Beli Blog”

Nomor 2 : Diisi dengan alamat url untuk blog, misal jualbeliblogg.blogspot.com. Jika muncul tanda centang, berarti alamat blog tersedia. Jika tidak tersedia, maka ganti nama url lain.

Nomor 3 : Memilih tema untuk blog sesuka hati Anda. Misal memilih contempo.

6. Jika sudah, lanjut klik buat blog!

7. Taraaaa.... blog Anda pun selesai dibuat.

Nah, setelah mengetahui cara membuat blog, selanjutnya kita belajar tentang menu-menu di blogger.


Menu-menu di Blogger


Setelah memasuki halaman blogger, maka akan muncul menu-menu seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog dengan blogger


Berikut penjelasan lebih lanjut tentang menu-menu pada blogger

·     Postingan
Menu ini berisi semua postingan yang telah terbit maupun yang berbentuk draft. Dalam menu ini, ada pilihan untuk mengedit, melihat, dan mengahapus postingan.

·      Statistik
Menu ini berisi informasi statistika blog, seperti jumlah penayangan, pemirsa, situs perujuk, dan lain sebagainya.

·      Komentar
Menu komentar berisi komentar-komentar yang telah diterbitkan dan komentar yang termasuk spam.

·      Kampanye
Kampanye berisi tentang Adwords, promosi blog.

·      Halaman
Berisi jumlah halaman yang ada pada blog Anda, halaman yang dalam bentuk draft, dan halaman yang sudah terbit.

·      Tata Letak
Berisi tentang tampilan blog, seperti penambahan gadget atau widget.

·      Tema
Berisi tentang pengaturan tema atau template. Anda bisa menggonta-gantinya disini.

·      Setelan
Berisi semua pengaturan, seperti pengaturan dasar, postingan, komentar, berbagi, email, bahasa, pemformatan, dan lain sebagainya.

·      Daftar Bacaan
Berisi daftar bacaan atau postingan terbaru dari blog-blog yang diikuti.

·      Bantuan
Berisi artikel-artikel tentang cara menggunakan blogger.

Setelah mengetahui menu-menu di blogger, tentu ingin tahu bagaimana cara memposting konten bukan? Berikut cara menulis dan memposting konten di blogger.


Cara Memposting Konten di Blogger


1. Klik tombol entri baru pada menu postingan.
cara membuat blog dengan blogger


2. Setelah itu akan masuk ke halaman seperti gambar berikut

cara membuat blog dengan blogger


Penjelasan lebih lanjut tentang nomor-nomor tersebut yaitu:

Nomor 1, diisi judul konten yang Anda buat.

Nomor 2, berisi pilihan mode penulisan konten, yaitu compose dan HTML. Gunakan mode compose saja jika Anda belum paham mode HTML.

Nomor 3, berisi toolbar formating yang fungsinya seperti dalam Microsoft Word.

Nomor 4, tempat menulis konten

Nomor 5, berisi menu pengaturan konten, seperti label (untuk membuat label, tag), jadwal (jadwal terbit artikel), tautan permanen (tautan permanen otomatis dibuat dari judul, jika ingin mengubah gunakan tautan permanen khusus), dan pilihan.

Nomor 6, berisi tombol untuk mempublikasi konten, menyimpan, atau preview konten sebelum dipublish.

3. Jika sudah selesai menulis dan mengedit tampilan konten, langsung klik publikasikan.

4. Konten pun sudah berhasil dipublikasikan. Anda bisa melihat, mengedit, ataupun menghapusnya.


Demikian tadi sedikit cara biki blog di platform blogspot/blogger dan penjelasan menu-menunya, serta cara mempublikasikan konten. Selamat mencoba, semoga bisa menerapkan cara bikin blogspot sehingga bisa berhasil membuat blog.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment